Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
News

58 Pengurus PMI Kecamatan Se Kabupate Serang, Ikut Orientasi Kepalangmerahan

52
×

58 Pengurus PMI Kecamatan Se Kabupate Serang, Ikut Orientasi Kepalangmerahan

Share this article
Example 468x60

KOTA SERANG, kabarrakyat.ci.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Diklat dan Latihan Orientasi Kepalangmerahan bagi pengurus PMI Kecamatan yang dilaksanakan di Pudiklat PMI Provinsi Banten Jalan Raya Serang Jakarta Kelurahan Kelodran Kota Serang , Rabu (12/4/2023). 

 

Kegiatan yang digelar di Markas PMI Banten . Dihadiri oleh wakil ketua Jaenudin, ketua bidang organisasi Amrin Nur, kepala markas Embay Bariyah PMI Provinsi Banten dan Sekretaris PMI Kabupaten Serang Dedy Sopian. Dan Pengurus PMI Kecamatan se Kabupaten Serang.

 

Sekretaris PMI Kabupaten Serang Dedy Sopian dalam keterangannya. “Mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi pengurus di tingkat kecamatan dalam melaksanakan roda organisasi.”

 

Jika pengurus sendiri tidak memahami sejarah PMI, Dasar Hukum PMI dan Peraturan Organisasi (PO) PMI serta larangan. maka sangat dimungkinkan PMI tingkat Kecamatan akan jalan di tempat. Dan identik diluar sana bahwa PMI hanya sepengetahuan orang adalah donor darah.

 

Padahal Tugas Utama PMI adalah 1. memberi bantuan kepada korban konflik bersenjata dan gangguan keamanan. 2. memberikan pelayanan donor darah. 3. pembinaan relawan. 4. melaksanakan diklat kepalang merahan dan 5. menyebarluaskan informasi kepalang merahan. Ungkapnya.

 

Yang tidak kalah pentingnya kegiatan bertujuan memperkuat kapasitas organisasi dan pengetahuan pengurus kecamatan tentang tugas-tugas kepalangmerahan. 

Ditempat yang sama Wakil Ketua PMI Provinsi Banten Jaenudin. mengatakan kegiatan orientasi kepalangmerahan ini merupakan “Bagian dari amanat organisasi, kami terus memperkuat kapasitas organisasi, baik di tingkat relawan maupun pengurus. Dan orientasi

ini adalah bagian dari penguatan pemahaman pengurus

di level kecamatan tentang

tugas-tugas kemanusiaan yang

harus dijalankan PMI,” kata

Wakil Ketua PMI Banten

Masih menurutnya, pengurus

PMI tingkat kecamatan adalah struktur bawah PMI yang

paling mengetahui kondisi

situasi masyarakat. Bahkan

dalam proses penanggulangan bencana, pengurus

kecamatan berperan penting dalam proses asesmen

atau pendataan awal. Maka

orientasi kepalangmerahan

akan dilaksanakan terhadap

seluruh pengurus kecamatan

di delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten.

Selain itu, kata Jaenudin,

pengurus kecamatan sangat

ditekankan untuk mengetahui

tugas fungsi kepalangmerahan. Termasuk aturan penggunaan lambang palang merah. “PMI adalah organisasi perhimpunan yang bersifat

internasional,” tegasnya.

Perhimpunan yang dimaksud adalah International Federation of Red Cross

and Red Crescent Societies

(IFRC). Selain itu, berada

dalam pengakuan International Committee of the Red

Cross (ICRC). “Maka seluruh

pengurus di semua tingkatan

wajib hadir menjalankan tugas kemanusiaan saat konflik

bersenjata maupun saat masa

damai,” ujarnya. 

Tidak kalah penting, kata

Jaenudin, pengurus tingkat

kecamatan wajib meningkatan

pelayanan darah yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

“Dalam hal ini, semua pengurus PMI wajib meningkatkan jumlah pendonor darah sukarela. Apalagi dalam proses penanggulangan bencana, semua harus siap siaga,”

Ketua Bidang Organisasi PMI Banten Amrin Nur, menambahkan Teman teman patut bangga menjadi relawan atau pengurus PMI, karena PMI adalah organisasi Internasional. Sementara tugas perbantuan PMI yakni membantu penanganan musibah atau

bencana dalam dan luar negeri, membantu pelayanan kesehatan dan sosial, serta melaksanakan tugas kemanusiaan yang diberikan oleh

pemerintah. “Tugas kemanusiaan tidak terbatas, dan PMI harus selalu hadir dan siap membantu pemerintah dan masyarakat. Setiap waktu,

setiap saat untuk masyarakat,” 

 

Haris Zikri Ketua PMI Kecamatan Jawilan ketika dihubungi selesai kegiatan memberikan apresiasi yang luar biasa atas inisasi dari pengurus PMI Provinsi Banten. terutama kepada kedua narasumber Amrin Nur dan Embay Bariyah.

 

Penulis : HR/Red

 

 

 

 

 

 

Example 120x600