Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
News

Andika Hazrumy Ungkap Perjuangan Gratiskan Sekolah & Revitalisasi Banten Lama

54
×

Andika Hazrumy Ungkap Perjuangan Gratiskan Sekolah & Revitalisasi Banten Lama

Share this article
Example 468x60

SERANG, kabarrakyat.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Golkar Andika Hazrumy menghadiri Safari Ramadan DPD Golkar Kabupaten Serang di Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Rabu 12 April 2023.

 

Dalam sambutannya, Andika mengungkapkan perjuangannya selaku kader Golkar, saat menjadi Wakil Gubernur Banten 2017-2022. Di antaranya Andika mengaku sangat sulit bagi dirinya yang saat itu menginginkan agar pendidikan gratis dapat terwujud di Provinsi Banten.

 

Diungkapkannya, pada saat itu banyak pihak yang kontra atau menolak dengan kebijakan membebaskan biaya sekolah di SMA dan SMK Negeri di Banten yang menjadi kewenangan Pemprov Banten. “Argumentasi yang kontra adalah tidak adil karena kebijakan menggratiskan biaya sekolah tersebut berlaku umum termasuk bagi yang mampu,” katanya.

 

Meski begitu, kata dia, dirinya bersikeras menginginkan agar biaya pendidikan gratis di SMA dan SMK Negeri di Banten bisa diwujudkan. “Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, sekarang kita semua merasakan manfaatnya anak-anak kita gratis biaya sekolahnya di SMA dan SMK Negeri,” katanya.

 

Lebih jauh Andika mengungkapkan perjuangan dirinya pada saat menjabat Wagub Banten juga sangat terasa saat menggulirkan program revitalisasi kawasan Banten Lama.

 

Menurutnya kawasan Banten Lama sebelumnya dibiarkan tak terurus selama puluhan tahun. Akibatnya, saat hendak dibenahi melalui program revitalisasi itu banyak terjadi resistensi atau penolakan. “Alhasil upaya pembenahan dan penataan agar kondisinya terawat juga bukan sesuatu yang mudah,” katanya.

 

Namun demikian, kata dia, karena keinginan yang kuat untuk menjadikan Banten Lama kembali ke pada fitrahnya sebagai salah satu pusat peradaban Islam di Nusantara, akhirnya revitalisasi dapat dilakukan oleh Pemprov Banten.

 

“Sekarang kita bisa bangga sebagai orang Banten karena memiliki Banten Lama yang megah dan terawat,” katanya.

 

Tidak sampai di situ, kata Andika, menjelang masa jabatannya habis sebagai Wagub Banten, dirinya masih sempat mencanangkan program pembangunan Baitul Qur’an di kawasan Banten Lama. Pembangunan pusat kajian Al Quran yang direncanakan akan menjadi yang terbesar se Asia Tenggara tersebut dimaksudkan untuk semakin meneguhkan citra masyarakat dan daerah Banten yang Islami sejak kelahirannya hingga saat ini. “Seharusnya tahun (2023) ini pembangunannya sudah selesai dan biar segera difungsikan sesuai dengan tujuan pembangunannya,” kata Andika.

 

Terkait itu, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI dari Dapil Banten 2, Tb Haerul Jaman yang juga hadir pada acara tersebut partainya telah memutuskan untuk menugaskan Andika menjadi bakal calon Bupati Serang 2024. Selain karena jejak rekamnya yang di antaranya sebagai Wagub Banten, Andika juga dipercaya untuk menjaga keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Serang.

 

“Seperti kita ketahui Bupati sekarang, Bu Tatu (Ratu Tatu Chasanah) adalah kader Golkar yang telah dua periode melaksanakan pembangunan di Kabupaten Serang,” katanya. (*Red/Haris Ranau*)

Example 120x600