Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
News

Ketua Umum GMRI Sepakat Untuk Mensosialisasikan Pancasila Idealnya Dimulai Dari Pejabat

51
×

Ketua Umum GMRI Sepakat Untuk Mensosialisasikan Pancasila Idealnya Dimulai Dari Pejabat

Share this article
Example 468x60

JAKARTA, Kabarrakyat.co.id, — Pencanangan Tahun Kebangkitan Pancasila dan Pembukaan road show membumikan Pancasila di 44 Kecamatan Provinsi DKI Jakarta, resmi dimulai dari Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, 2 Maret 2023.

 

Tampil sebagai pembicara utama Sri Eko Sriyanto Galgendu bersama Wardi Jien SH., MH., dengan Prof. Yudhie Haryono yang dimoderatori Apek Saiman.

 

Rahmat Hidayat selaku Kesbangpol membuka secara resmi acara Pencanangan Tahun Kebangkitan Pancasila untuk memulai acara road show untuk 44 Kecamatan di Provinsi DKI Jakarta bersama Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila oleh Majelis Musyawarah Pancasila yang bertema ” Langkah Implementatif Mewujudkan Nilai Pancasila di Jakarta”.

 

Atas dasar itu, Camat Gambir, Jakarta Pusat sangat berharap acara ini dapat menjadi model sekaligus pelopor bagi warga masyarakat Pancasila di Jakarta, untuk kemudian dapat segera diikuti oleh Kecamatan lain yang ada di DKI Jakarta, tandasnya.

 

Wardi Jien, sebagai konseptor Tripalak sepakat bahwa yang perlu di-Pancasila-kan terlebih dahulu adalah para pejabat yang berada di pemerintahan. Baru menyusul kemudian warga masyarkat atau rakyat kebanyakan. Sebab yang salah itu menurut Polisi yang juga terbilang sebagai aktifis pergerakan ini adalah sistem yang ada berikut tata pelaksanaan dari Pancasila.

 

Begitu juga tanggapan dari Sri Eko Sriyanto Galgendu yang menyatakan sepakat, seperti gagasan yang sama dengan program revolusi mental yang pernah digagas Presiden Joko Widodo, harus dilakukan terlebih dahulu terhadap mereka yang ada dalam lingkaran Presiden untuk kemudian bisa terus berlanjut kepada masyarakat atau rakyat, tandas Wali Spiritual dan Ketua Umum GMRI serta penggagas dari Posko Negarawan ini.

 

Karena itu usulan kongresnya untuk pemerintah, perlu melaksanakan (1) pendidikan Pancasila sejak dini, (2) membangun graha Pancasila yang dapat dijadikan pusat kajian, pengembangan dan sosialisasi Pancasila, fan (3) terus dapat melanjutkan program Majelis Musyawarah Pancasila untuk tetap mensosialisasikan Pancasila dan (4) mewujudkan ekonomi kerakyatan sebagai implementasi dari ekonomi Pancasila.

 

Penghayatan, pengamalan dan Pelaksanaan Pancasila itu idealnya, kata Ketua Umum GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) serta penggagas Posko Negarawan ini seharusnya dapat diterapkan terlebih dahulu kepada para pejabat, tandasnya, ketika menjawab strategi terbaik untuk memasyarakatkan Pancasila. Jadi yang ideal itu lebih mengutamakan para pejabat, baru kemudian Pancasila itu disosialisasikan kepada rakyat, tandasnya.

 

Karena itu, dia mengingatkan, selama bangsa tidak menghargai masa lalu bangsanya sendiri, maka bangsa yang bersangkutan itu akan terlindas oleh jaman, imbuh Sri Eko Sriyanto Galgendu yang mengawali paparannya dengan meneriakkan yel yel : Api Jiwa Garuda Berhati Putih yang telah menjadi Trade Mark GMRI. (Yus/Red) 

 

 

Sumber : Jacob Ereste 02/03/23.

Example 120x600