Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
Politik

Encep Sahayat, Sekban Kesbangpol Buka Kegiatan Fasilitasi Kelembagaan Partai Politik

117
×

Encep Sahayat, Sekban Kesbangpol Buka Kegiatan Fasilitasi Kelembagaan Partai Politik

Share this article
Example 468x60

KABUPATEN TANGERANG, Banten, kabarrakyat.co.id, — Partai politik ( parpol ) memiliki peran yang penting dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia, mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia , juga dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang melalui Sekretaris Bandan (Sekban) Kesbangpol, Encep Sahayat dalam kegiatan fasilitasi kelembagaan partai politik pada hari Rabu (25/10/2023) di Istana Nelayan Jati Uwung.

Kegiatan fasilitasi kelembagaan partai politik dengan tema ” peran kelembagaan partai politik dalam penyelenggaraan demokrasi” diikuti oleh perwakilan pengurus partai politil dan unsur pemerintah desa,menghadirkan nara sumber dari Bawaslu dan Badan Kesbangpol Provinsi Banten.

Sekban Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Encep Sahayat, mengatakan bahwa secara khusus tujuan partai politik adalah meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik, memperjuangkan cita-cita partai politik dan membangun etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Fungsi partai politik sebagai sarana untuk pendidikan politik , penciptaan iklim yang kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa, juga sebagai penyerap , penghimpun dan penyalur aspirasi masyarakat, partisipasi politik dan rekrutmen politik, ” ujar Encep.

Komisionar Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir, memaparkan materi perkembangan demokrasi di Indonesia dan peran kelembagaan partai politik.
Menurutnya, fungsi dasar partai politik adalah untuk memperjuangkan masyarakat, mengarahkannya pada kepentingan bersama dan merancangnya dalam bentuk legislasi dan kebijakan.

Sementara itu, Taufiqurrahman dari Badan Kesbangpol Provinsi Banten, mengatakan bahwa partai politik adalah infrastruktur politik yang menjadi hulu dari sistem politik yang berperan besar dalam memproduksi kader pemimpin lembaga legislatif dan eksekutif yang mempengaruhi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peran partai politik selain sebagai wadah rekrutmen politik dalam arti menyiapkan calon-calon anggota legislatif, juga meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pemilu dan menciptakan iklim yang kondusif dalam proses pemilu demi terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Taufiqurrahman. (Ys/irwan) 

Example 120x600