Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
News

KESBANGPOL Gelar Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat untuk Cegah Potensi AGHT

113
×

KESBANGPOL Gelar Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat untuk Cegah Potensi AGHT

Share this article
Example 468x60

TANGERANG, kabarrakyat.co.id, — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang bersama Badan Kesbangpol Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat di Provinsi Banten Tahun 2024. Kegiatan ini digelar di Ruang Rapat Parakan, Puspemkab Tangerang, Senin (12/06/2023).

 

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan juga pembinaan kepada anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tangerang.

 

Dengan tujuan, agar anggota FKDM dapat lebih meningkatkan kepekaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman gangguan keamanan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang.

 

Selain itu, kegiatan ini juga digelar berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

 

“FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Alhamdulillah Kabupaten Tangerang memiliki FKDM mulai dari tingkat kecamatan, yang terdiri dari unsur lapisan masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, linmas, babinsa dan bhabinkamtibmas,” ujarnya.

 

Rudi menyampaikan, menjelang pemilu dan pilkada, perlu penanganan potensi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) untuk mencegah konflik yang lebih besar. Maka dari itu, diperlukan deteksi dan cegah dini dalam rangka mendukung kesuksesan berjalannya pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

 

“Di samping pencegahan masalah yang timbul seperti intoleransi dan terorisme, menjelang tahun politik ini diperlukannya deteksi dini dari berbagai isu permasalahan yang ada. Sehingga nantinya tidak akan timbul konflik yang lebih besar dikemudian hari,” ucapnya saat memberikan paparan.

 

Ia berharap, kegiatan ini memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih kepada anggota FKDM di Kabupaten Tangerang.

 

“Diharapkan anggota FKDM ini selalu siaga dan berkoordinasi dengan pihak berwenang sehingga kondusivitas di Kabupaten Tangerang dapat terwujud dan selalu terjaga,” pungkasnya.

 

Sebagai informasi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional pada Badan Kesbangpol Provinsi Banten, Ir. Cucu Suhara dan diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Tangerang.

 

 

Penulis : Romi

Example 120x600