Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
News

Presiden Joko Widodo Hadir Dalam Acara Puncak Hari Pers Nasional Tahun 2023

80
×

Presiden Joko Widodo Hadir Dalam Acara Puncak Hari Pers Nasional Tahun 2023

Share this article
Example 468x60

MEDAN, Kabarrakyat.co.id, – Presiden Joko Widodo hadir dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Serbaguna, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, Deliserdang, Kamis (09/02/2023).

 

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo yaitu Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari, para kepala daerah se-Indonesia, pelajar, mahasiswa, serta para tamu dan undangan lainnya.

 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutannya selaku tuan rumah puncak Hari Pers Nasional Tahun 2023 menyampaikan betapa pentingnya pers bebas dan bertanggung jawab. Dirinya juga berharap pers berperan penting memperkuat penggunaan nalar publik yang menuju pada kebaikan.

 

“Karena itu kebebasan pers yang harus kita maknai adalah bagaimana kebebasan sebagai nilai yang baik dan berguna di dalam etika yang bertanggtungjawab. Dalam kode etik jurnalistik disampaikan wartawan Indonesia dalam menghasilkan berita harus akurat berimbang dan tidak beritikad buruk dan harus sesuai dengan hati nurani. Ini tugas pemberitaan melayani kemanusiaan dan hati nurani,” kata Edy Rahmayadi yang pada kesempatan tersebut menerima Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

 

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya juga mengingatkan pers mengenai pemberitaan yang bertanggung jawab. Menurutnya pers sudah bebas, pemberitaan bisa dilakukan siapa saja.

 

“Karena kurang bebas apalagi kita sekarang, karena pers sudah mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital, semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya, sekarang ini masalah yang utama, menurut saya adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab, karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial (medsos) dan media digital lainnya,” kata Jokowi.

 

Selain itu, kata Jokowi, di tengah suasana seperti ini, media mainstream justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Media arus utama menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan pada masyarakat.

 

“Peran utama media kini makin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme. Oleh karena itu, saya minta semua pihak baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama,” kata Jokowi.

 

Sementara itu Pimpinan Umum Media IndoPos86 H. Ardiansyah Saragih, SH,.MH yang hadir langsung dalam acara puncak Hari Pers Nasional Tahun 2023 turut menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh rekan-rekan pers dari Sabang sampai Merauke.

 

“Selamat Hari Pers Nasional tahun 2023 untuk seluruh rekan-rekan seperjuangan, rekan-rekan pers baik media cetat, elektronik hingga online dari seluruh penjuru tanah air dari Sabang sampai Merauke,” ucap H. Ardiansyah Saragih didampingi Pemimpin Redaksi IndoPos86 Jhon Pardamean Purba SE serta anggota Redaksi Habiburriziq Saragih.

 

H. Ardiansyah Saragih yang juga Ketua Umum DPP Garnizun ini berharap momentum Hari Pers Nasional tahun ini menjadi penyemangat untuk seluruh rekan-rekan pers untuk mewujudkan Pers Bebas yang Bermartabat sebagaimana tema utama kegiatan yang dilaksanakan pada tahun ini.

 

“Ditengah arus informasi yang semakin cepat, keberadaan insan pers dalam menghadirkan berita yang jauh dari hoaks sehingga masyarakat umum memperoleh berita yang faktual serta meminimalisir berita-berita yang dapat menyebabkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. Dikutip dari News Parameter com.

 

Penulis : Red/Haris Ranau

Example 120x600