Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
News

TIMPORA SIDAK PT. IPB, TEMUKAN 3 ORANG TKA TANPA KITAS DAN KITAP

111
×

TIMPORA SIDAK PT. IPB, TEMUKAN 3 ORANG TKA TANPA KITAS DAN KITAP

Share this article
Example 468x60

SERANG Kopo, kabarrakyat.co.id – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang terdiri dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Imigrasi Kelas I Serang, DKCS, TNI dan Polri, melakukan sidak pada PT. IPB yang berlokasi di Desa Nyomp9k Kecamatan Kopo Kabupaten Serang. Kamis (15/6/2023). 

 

Dilansir dari media online cyberinvestigasi.com, pada razia Timpora. Kamis 15 Juni 2023 kemarin sekira pukul 13:00 tersebut, petugas dari Timpora menyebutkan bahwa pihaknya telah menemukan adanya keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diduga kuat tidak memiliki kelengkapan dokumen yang diperlukan, seperti Kartu Izin Terbatas (Kitas) dan Kartu Izin Tetap (Kitap)

 

Diketahui sebelumnya, dari tiga (3) tenaga kerja asing (TKA) yang diduga tidak memiliki dokumen lengkap secara keimigrasian, disinyalir tidak berizin secara resmi.

 

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Wawan, selaku Sekban Kesbangpol Kabupaten Serang. terkait temuan tim beberapa hal diatas dalam area pabrik PT. IPB 

 

“Dalam sidak yang dilakukan tim gabungan kali ini, berdasarkan hasil koordinasi juga konfirmasi yang sudah kita lakukan dengan pihak perusahaan PT. IPB, bahwa pihak perusahaan membenarkan adanya pekerja asing yang bekerja di perusahaan tersebut, jelas Wawan. Didampaikan beberapa penjelasan kepada rekan TIMPORA lainnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Kami dari Timpora membenarkan bahwa pihak Perusahaan juga tidak bisa menunjukkan dokumen legal terkait pekerja asing yang ada di pabriknya, akan tetapi untuk saat ini pihak perusahaan hanya bisa menunjukan bukti secara elektronik.

Maka untuk saat ini TIMPORA hanya menunggu hasil berikutnya yang akan di berikan perusahaan.

 

Lebih lanjut dikatakannya, pada saat petugas gabungan datang ke PT. IPB yang berada di wilayah Kecamatan Kopo Kabupaten Serang, pihak dari salah satu perusahaan menjelaskan bahwa pekerja asing tidak sedang berada di pabrik, melainkan ada di Mes, atau rumah singgah nya.

 

 Selanjutnya, TIMPORA bergegas menuju mes untuk menjemput pekerja asing tersebut, tidak lama kemudian TIMPORA besertai pihak management perusahan dengan membawa 1 orang tenaga kerja asing yang diduga ilegal. Sementara 2 orang TKA sedang tidak ada di Mes.

 

Dari pengakuan pihak perwakilan perusahaan PT. IPB kepada Timpora yang sedang melakukan razia bahwa pihaknya telah menyerahkan data-data resmi terkait izin TKA untuk pengurusan dokumennya. 

 

“Kami juga telah koordinasi langsung dengan pihak yang berkewenangan terkait dokumen dan lain-lain”, jelasnya.

 

Penulis : (Red/Haris Ranau/Mpap.S/Cyber/Puskominfo Indonesia)

Example 120x600