Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
Hukrim

Warga Kampung Cikasantren Menutup Kegiatan Galian Milik PT. Berkah Halal Toyib

43
×

Warga Kampung Cikasantren Menutup Kegiatan Galian Milik PT. Berkah Halal Toyib

Share this article
Example 468x60

SERANG TIMUR, kabarrakyat.co.id – Warga Kampung Cikasantren Desa Pagintungan Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang. Melakukan unjuk rasa di lokasi galian pasir milik PT. Berkah Halal Toyib yang berlokasi di Blok 13 Kampung Cilalay Desa Pagintungan kecamatan Jawilan Kabupaten Serang. Minggu, (12/05/24)

 

 

Ay selaku Ketua RT, ketika diwawancarai oleh awak media membenarkan bahwa yang berunjuk rasa adalah benar warga masyarakat Kampung Cikasantren Desa Pagintungan Kecamatan Jawilan.

 

Masyarakat kami merasa terganggu dengan adanya aktivitas galian yang menggunakan akses jalan poros desa. akibat dari kegiatan galian ini banyak mobil dumptruck yang melintas dijalan tersebut yang memperparah kerusak jalan yang selama ini memang belum mendapatkan perhatian dari pihak terkait untuk dibangun atau diperbaiki.

 

Dengan adanya kegiatan galian ini semakin memperburuk situasi jalan jika turun hujan licin bisa membahayakan pengguna jalan dan bila musim panas berdebu. Ucapnya

Lanjut Ketua RT jalan ini merupakan jalan poros Desa antara Desa Pagintungan dan Desa Citeras. Dan warga Cikasantren sudah trauma dengan adanya galian, baik itu galian tanah atau galian pasir. Karena pada tahun 2004 masyarakat pernah mengalami dampak kerugian selama 3 tahun lahan pertanian tidak dapat di fungsikan akibat air belumpur. Sepengetahuan kami izin galian dilokasi ini sudah ditutup kenapa sekarang ini kok dibuka lagi ?

 

Hal ini sudah disampaikan kepada pihak terkait, namun tidak ada yang menanggapi atau yang turun ke lokasi menindak lanjuti keluhan warga kami. oleh karena itu kami bersama sama menolak adanya galian. Mau galian tanah atau galian pasir. Untuk sekarang ini di tutup selamanya. Dua unit mobil beco sudah kami keluarkan dari lokasi galian.

 

Hal senada diperkuat oleh perwakilan dari warga SD (DT) Warga Kampung Cikasantren menolak dengan tegas tidak ada lagi kegiatan galian dilokasi ini. Menurut nya lokasi ini dari tata ruang adalah zona hijau peruntukannya untuk lokasi perumahan yang tertata rapi dan asri.

 

Kami sudah menyampaikan kepada Pemerintahan Desa, Kecamatan, Bupati, bahwa Kami menolak keras adanya galian tanah atau galian pasir di wilayah kami.Tegasnya

 

Namun keluhan Kami terkait jalan yang rusak bertahun tahun dibiarkan rusak tidak diperbaiki. seakan-akan Kampung Cikasantren di anak tirikan.

 

Harapan Kami kepada pemerintah agar tidak memberikan ijin galian tanah dan galian C di wilayah ini. mohon pihak-pihak terkait dapat mendengarkan keluhan dari Kami masyarakat. dan terima kasih kepada aparat keamanan dari kepolisian Polres Serang, Polsek dan Koramil dan juga wartawan dari media cetak, online dan tv yang telah memberikan keamanan jalannya unjuk rasa, semoga pihak terkait mendengar aspirasi kami. Pungkasnya. (Haris) 

Example 120x600