Scroll untuk baca artikel
Example 1231x615
Example 728x250
Berita

Waw Luar Biasa, Makam Balung di Kota Cilegon Bakal Dipercantik

153
×

Waw Luar Biasa, Makam Balung di Kota Cilegon Bakal Dipercantik

Share this article
Example 468x60

CILEGON, kabarrakyat.co.id, — Pemakaman biasanya identik terhadap hal yang berkaitan dengan kematian sehingga terkesan seram dan menakutkan, demi mengesampingkan kesan seram dan menakutkan tentunya harus berani untuk merubah semua itu, banyak sekali negara di dunia bahkan beberapa kota di Indonesia rela membangun makam agar menjadi makam terindah.

Salah satu kota yang akan membangun makam menjadi makam terindah adalah kota Cilegon, kota yang mempunyai julukan dengan julukan kota Baja yang terletak di Provinsi Banten itu dalam waktu beberapa tahun kedepan bakal memiliki taman wisata makam, makam yang cantik dan jauh dari kesan horor.

Karena hal tersebut Yayasan makam balung yang beralamat kantor di Jl. H. Abdullah No 62.8 RT, 003/001 Link Citangkil, Kecamatan Citangkil Kota Cilegon Provinsi Banten. Saat ini sedang membangun makam balung yang berlokasi di Kelurahan Taman Baru Kecamatan Citangkil Kota Cilegon Provinsi Banten. Menjadi sebuh makam yang Indah dan Cantik.

Tidak hanya menjadikan makam bergaya taman saja namun Yayasan makam balung berencana akan membuat lahan makam balung seluas 8,5 hektare, sebagai tanah wakaf yang produktif guna kesejahteraan umat, pemakaman yang akan di penuhi dengan bunga-bunga dan kolam, membangun pondok Anak yatim piatu, balai pertanian terpadu, pondok tahfidz Al-Qur’an, usaha ekonomis, dan klinik kesehatan.

Hal tersebut di katakan Mukmin, Ketua Yayasan makam balung, disela kesibukan dirinya menuturkan bahwa.

” Dengan ijin Allah yang maha esa, serta dorongan dari warga dan masyarakat juga Pemkot Kota Cilegon kami sebagai pengurus Yayasan makam balung Insya Allah dalam waktu beberapa tahun kedepan kota Cilegon akan mempunyai makam bergaya taman ” Tuturnya, Minggu 08/10/2023.

Namun seperti kita ketahui dan bahkan mungkin sudah menjadi hukum alam setiap perbuatan atau tujuan mulia dalam setiap proses perjalannya pasti akan menemui yang namanya pro dan kontra dari beberapa pihak, untuk itu Mukmin menjelakan.

” Disini kami jelaskan agar tidak ada Masyarakat atau Warga sekitar yang ber asumsi atau mempunyai opini negatif terhadap kami, dimana dalam proeses pembangunannya tidak mudah, seperti kita lihat bahwa kontur tanah di makam balung sangat keras dan tidak rata maka akan sulit jika di gali dengan menggunakan alat manual seadanya oleh sebab itu harus menggunakan alat berat ” Tukasnya.

” Dan ada yang bertanya kepada kami kenapa sih kok tanahnya di gali, kan jadi terkesan seperti galian C ??, disini kami jawab sebenarnya itu bukan galian C, seperti yang sudah kami katakan karena tanahnya tidak rata maka untuk membuat agar nanti terlihat rapi dan memudahkan proses pembangunannya oleh sebab itu kami ratakan, saya tegaskan itu hanya pemerataan saja ” Sambung Mukmin

” Lalu ada lagi yang bertanya tapi kok tanahnya ada yang di gali ??, Alasannya kenapa digali jawabanya karena tanahnya keras maka prosesnya harus digali terlebih dahulu lalu kemudian kita ganti atau kita urug dengan tanah yang baru, jika di biarkan nanti akan mempersulit kalau nanti ada yang meninggal dan mau di makam kan karena tanah yang keras ” Imbuh Mukmin

” Setiap proses satu persatu sudah kita tempuh, melangkah pun tidak gegabah kami banyak konsultasi dengan beberapa pihak sosialisi juga sudah kita lakukan satu tahun yang lalu kepada masyarakat, juga ke Pemerintah daerah setempat, seperti Kelurahan, RT, RW, dan Muspika Polres sampai ke Walikota, dan kami juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) ” Tutupnya.

Sekedar informasi :
Bagi pihak-pihak maupun Masyarakat yang mau bergabung untuk membantu mewujudkan pembangunan Makam balung, atau bahkan yang mau bertanya seputar prosesnya, Yayasan makam balung mempersilahan untuk datang langsung ke Sekretariat Yayasan makam balung. alamat Jl. H. Abdullah No 62.8 RT, 003/001 Link Citangkil, Kecamatan Citangkil Kota Cilegon Provinsi Banten.

 

✒Penulis : Morgan

Example 120x600